Pembahasan Salah Kaprah Dalam Bahasa Arab

Berikut Artikel yang membahas salah kaprah dalam bahasa arab.
Artikel salah kaprah dalam bahasa arab ini bersumber dari Sumber Ilmu
salah kaprah dalam bahasa arab
assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
sudah 1 minggu saya tidak buka blog ini,jadi kangen ingin nulis lagi sayangnya saya agak susah untuk menentukan menukis mengenai apa.
lalu saya ingat dengan pertanyaan salah satu saudara saya yang bertanya kepada saya tentang bahasa arab.
ternyata banyak orang yang salah meletakkan tata bahasa arab atau salah mengartikannya.
mungkin kalimat yang cocok dalam hal ini adalah "salah kaprah dalam bahasa arab"
sobat penasaran ta?
baiklah saya akan terangkan diantara kesalahan kaprah dalam peletaan bahasa arab.
adapun yang ditanyakan oleh saudara saya kepada saya banyaknya orang mengatakan syukron شكرا
lalu dibalas dengan kalimat 'afwan عفوا
ini adalah hal yang keliru tapi sepertinya sudah masyhur sekali.
baik difacebook ataupun ditempat tempat lainnya.
bahkan disalah satu situs seperti anneahira saya pernah membaca postingannya mencawab SYUKRON dengan 'AFWAN (linknya saya lupa dan tidak saya save)
sungguh lucu menurut saya.
apa anda tahu artinya SYUKRON?
artinya: terima kasih/bersyukur.
syukron disitu menjadi maf'ul dengan membuang fiil fail atau bisa juga membuang isim bahkan bisa juga menghilangkan hal jumlah didalamnya.
sedangkan arti dari 'AFWAN adalah maaf.
kalimat 'afwan tersebut juga menjadi maf'ul atau nanti bahkan bisa dijadikan hal.
nah..!buat sobat yang kemaren kemarennya suka menjawab kalimat syukron dengan 'afwan mulai sekarang diganti ya....biar shahih dan tidak lucu kedengerannya.
semoga manfaat ya...apabila ada kesalahannya saya minta maaf yang sebesar besarnya wassalamu'alaikum.wr.wb.
salah kaprah dalam bahasa arab bagian 2
pertanyaan
benarkah apabila saya menjawab afwan عفوا kepada orang yang mengatakan syukron شكرا kepada saya?

jawab
tidak tepat atau kurang tepat,karna itu tidak sesuai dengan qaidah yang ada dilughatul arabiyah.
untuk menjawab syukron dengan baik dan menggunakan tata bahasa yang sangat halus,untuk menunjukkan kita merendah dan tidak sombong tidak boleh hanya dengan mengucap afwan,karna alasannya tidak sesuai dengan qaidah lughatil arabiyah,namun cara menjawabnya haruslah lengkap,contohnya:
شكرا يا اخي
jawabnya عفوا , لاشكر على واجب
di potong hanya afwan saja tidak boleh karna itu tidak mufid.
dalam nahwu memang ada istilah khadaf,mustatir ataupun selainnya dari itu,namun itu tidak bisa digunakan untuk afwan karna terlalu jauh untuk dinalar,dan biasanya kalimat "afwan" digunakan apabila kita melakukan kesalahan lalu meminta maaf,maka ungkapan kalimatnya memakai "afwan"
jadi kalimat "afwan" itu kalimat untuk meminta maaf atau permisi,kalau untuk jawaban syukron haruslah lengkap seperti yang telah saya tulis diatas.
cara menjawab syukron yang lain biasanya juga langsung na'am نعم atau wakadzalika aidlan atau bisa juga sawa' atau bisa juga laba'sa,atau mungkin masih ada yang lain.
salah kaprah dalam bahasa arab bagian 2 ini saya sempatkan juga untuk menyentil kebiasaan masyarakat maupun netter yang sepengamatan saya sangat gampang memberi laqab ustadz.
menurut saya hal itu sangat menurunkan kemulyaan ustadz.
seharusnya orang yang kita panggil ustadz haruslah memang mempunyai ilmu dan akhlak yang sesuai dengan ustadz,sehingga nama ustadz tetap baik.
gara gara kebanyakan masyarakat gampang memberi laqab ustadz pada sembarang orang akhirnya laqab ustadz tidak luhur lagi,sampai sampai dizaman sekarang ini ustadz pacaran udah biasa,ustadz bergandengan tangan dengan wanita bukan muhrimnya juga sudah biasa.
siapa yang salah?
untuk mengetahui ustadz itu bagaimana silahkan anda lihat di pengertian guru dan ustadz atau di pengertian kyai,ustadz dan Penceramah
sekian dari saya,mohon maaf kalau ada kesalahan atau kekurangan dalam tulisan saya ini.
salam ta'dim dari saya (alhabib) buat anda dan buat akhi mughits.
Baca Juga
blogger probolinggo menyediakan email gratis
Any Pribadi Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1
Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 01
Penulisan Alqur'an Dengan Bahasa Ajam Saja
Promosi Blog agar banyak pengunjung

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

◄ Newer Post Older Post ►